Selasa, 11 April 2017

Peranan Sekolah dalam Masyarakat

BAB II
PEMBAHASAN
A.                Peranan Sekolah bagi Masyarakat
Akibat terbatasnya kemampuan orang tua dalam mendidik anaknya, maka tugas mengajar itu kepada orang dewasa lain yang lebih ahli dalam lembaga pendidikan formal. Sekolah menjadi produsen penghasil individu yang berkemampuan secara intelektual dan skill. Berikut fungsi dan peranan sekolah bagi masyarakat :
1.                  Fungsi Sekolah
a.                   Mengembangkan kecerdasan pikiran dan memberikan pengetahuan anak didik;
b.                   Spesialisasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran;
c.                   Efisiensi Pendidikan dilakukan dalam program yang tertentu dan sistematis, juga jumlah anak didik dalam jumlah besar akan memberikan efisiensi bagi pendidikan anak dan juga bagi orang tua;
d.                  Sosialisasi, yaitu proses perkembangan individu menjadi makhluk sosial yang mampu beradaptasi dengan masyarakat;
e.                   Konservasi dan transmisi kultural, yaitu pemeliharaan warisan budaya;
f.                    Sekolah menjadi tempat anak untuk melatih berdiri sendiri dan tanggung jawab anak sebagai persiapan untuk terjun ke masyarakat.
2.                  Peranan Sekolah
a.                   Tempat anak didik belajar bergaul;
b.                   Tempat anak didik belajar mentaati peraturan sekolah;
3.                  Tanggung Jawab Lembaga Sekolah
a.                   Tanggung jawab formal kelembagaan sesuai dengan fungsi dan tujuan yang ditetapkan menurut ketentuan yang berlaku;
b.                   Tanggung jawab keilmuan berdasarkan bentuk, isi, tujuan dan tingkat pendidikan;
c.                     Tanggung jawab fungsional adalah tanggung jawab profesional berdasarkan ketentuan jabatannya.

B.                 Peranan Pihak-Pihak yang Terkait Hubungan Antara Sekolah dan  
Masyarakat
Dalam kaitannya dengan hubungan sekolah dan masyarakat, ada beberapa pihak yang turut andil dalam pembentukan hubungan sekolah dan masyarakat, pihak-pihak tersebut antara lain:
1.                  Orang Tua
Peranan orang tua dalam hubungan sekolah dan masyarakat, antara lain :
a.                   Mendukung pelaksanaan belajar mengajar di sekolah;
b.                  Berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan kegiatan sekolah di berbagai komunitas;
c.                  Bersedia menjadi narasumber sesuai keahlian dan profesi yang dimiliki;
d.                 Menginformasikan nilai-nilai positif dari pelaksanaan kegiatan di sekolah kepada masyarakat secara luas;
e.                  Bekerjasama dengan anggota komite sekolah atau atau pihak lain dalam pengadaan sumber belajar;
f.                   Aktif bekerja sama dengan dengan guru dalam proses pembelajaran anak yang berkebutuhan khusus;
g.                  Aktif dalam memberikan ide/gagasan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran.
2.                  Guru
Peranan guru dalam hubungan antara sekolah dan masyarakat, antara lain:
a.                  Berkomunikasi dengan keluarga anak didik secara berkala;
b.                  Bekerja sama dengan masyarakat untuk menjaring anak yang tidak bersekolah;
c.                  Menjelaskan kepada orang tua tentang tujuan sekolah;
d.                 Mempersiapkan anak didik agar mampu menyesuaikan diri di lingkungan masyarakat.
3.                  Komite Sekolah
Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah (Kepmendiknas nomor: 044/U/2002).
Secara umum, tugas komite sekolah antara lain:
a.                  Pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan;
b.                  Pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan;
c.                  Pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan.
4.                  Kepala Sekolah
a.                  Mengatur hubungan sekolah dan orang tua siswa;
b.                  Memelihara dan mengembangkan hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga lain;
c.                  Memanfaatkan segala macam sumber daya yang diperoleh secara tepat, sehingga mampu meningkatkan proses belajar.
5.                  Supervisor
a.                  Membantu kepala sekolah untuk merencanakan program hubungan sekolah dan masyarakat;
b.                  Membantu kepala sekolah menilai program dan pelaksanaan hubungan dengan masyarakat.

C.                Upaya Sekolah agar Dapat Menjadi Sarana yang Baik Bagi Masyarakat
Sekolah merupakan suatu sarana bagi masyarakat untuk bermobilitas sosial. Melalui sekolah masyarakat bisa meningkatkat status sosial yang disandangnya. Sebagaimana dinyatakan oleh Durkheim jika sekolah mencerminkan masyarakat yang lebih luas dimana sekolah itu sendiri merupakan bagiannya, maka kita hanya bisa memahami sistem pendidikan suatu masyarakat itu sendiri, termasuk struktur dan hubungan antara lembaga-lembaga dan nilai serta teknik untuk mensosialisasikan anak. Hipotesa Durkheim menyatakan bahwa jika kita ingin memahami sistem persekolahan maka kita harus memahami sistem masyarakat lainnya yang berinteraksi dengan sistem pendidikannya. Agar bisa menjadi sebuah sarana yang baik bagi masyarakat, ada upaya – upaya yang perlu dilakukan, antara lain:
1.                  Meningkatkan mutu pendidikan
Mutu di bidang pendidikan meliputi 4 mutu input, proses, output, dan outcome, yaitu:
a.                  Input pendidikan dinyatakan bermutu apabila telah berproses
b.                  Proses pendidikan bermutu jika mampu menciptakan suasana yang aktrif, kreatif dan juga menyenangkan
c.                  Output dinyatakan bermutu jika hasil belajar dalam bidang akademik dan nonakademik siswa tinggi
d.                 Outcome dinyatakan bermutu apabila lulusan cepat terserap di dunia kerja, gaji yang wajar, dan semua pihak mengakui kehebatannya lulusannya dan merasa puas
2.                  Meningkatkan kualitas guru
Kualitas guru dapat ditinggkatkan melalui upaya – upaya sebagai berikut :
a.                  Akuntabilitas yang lebih ketat, termasuk menyerukan program guru untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dari pemantauan program mereka
b.                  Penguatan Calon Seleksi dan Penempatan, dengan hati-hati untuk membuat program guru lebih selektif dan lebih beragam
c.                  Pembenahan Kurikulum, Insentif, dan Staffing, dengan komitmen untuk praktek beberapa, konten dan teori
d.                 Mendukung kemitraan, terutama hubungan-hubungan yang menghasilkan lulusan perguruan tinggi terutama yang ingin mengajar dan sedang dipersiapkan di bidang di mana ada permintaan tenaga pendidik
e.                  Memperluas basis pengetahuan untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan mendukung perbaikan proses belajar-mengajar





                                      BAB III
PENUTUP

A.                Kesimpulan
Akibat terbatasnya kemampuan orang tua dalam mendidik anaknya, maka tugas mengajar itu diserahkan kepada orang dewasa lain yang lebih ahli dalam lembaga pendidikan formal.Dalam kaitannya dengan hubungan sekolah dan masyarakat.

B.                 Saran
Dari hasil makalah kami yang singkat ini mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua umumnya kami pribadi. Dan segala yang baik datangnya dari Allah, dan yang buruk datangnya dari diri saya. Dan saya sadar bahwa makalah kami ini jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dari berbagai sisi, jadi kami harapkan saran dan kritiknya yang bersifat membangun, untuk perbaikan karya ilmiah selanjutnya.
















DAFTAR RUJUKAN

2013. Pengertian Mutu Pendidikan. (Online).  (http://seputarpendidikan003.blogspot.co.id/2013/06/pengertian-mutu-pendidikan.html), diakses 8 Maret 2017
http://geovinablog.blogspot.com/2015/03/makalah-pengelolaan-hubungan-sekolah.html
Widyana, Aminnatul. 2011. Hubungan Antara Sekolah Dengan Masyarakat. (Online),(http://aminnatul-widyana.blogspot.com/2011/07/hubungan-antara-sekolah-dengan.html), diakses 8 Maret 2017



1 komentar:

  1. Halo... Boleh nitip link gak? Itu utk daftar pustaka atas namaku Aminnatul Widyana, tolong diganti dg www.amiwidya.com
    Hubungi aq di 085232632515 utk informasi lebih jelasnya.

    BalasHapus