Kamis, 04 Mei 2017

Kepemimpinan Pendidikan

Ujian Tengah Semester
Kepemimpinan Pendidikan

  1. Jelaskan dengan singkat tugas pemimpin pendidikan!
Menurut saya tugas pemimpin pendidikan adalah melaksanakan fungsi planning, yaitu merencanakan program kerja kegiatan yang akan ditempuh ke depannya untuk mengembangkan pendidikan, selanjutnya organizing yaitu memilih orang yang dipercaya yang mampu melaksanakan tugas yang diberikan dengan tanggungjawab yang besar. Actuating yaitu kepala sekolah menjadi contoh dalam sikap dan perbuatan yang bertanggungjawab, dan yang terakhir adalah evalusi pemimpin pendidikan dituntut untuk menjadi individu yang adil dan juga objektif dalam memberikan penilaian. Dan sebagai tambahan kepala sekolah harus punya fungsi sosial, yaitu pemimpin pendidikan punya tingkat sosial yang tinggi terutama dengan bawahannya agar tercipta suasana yang harmonis di lingkungan pendidikan.
  1. Jelaskan dengan singkat dan tepat hal-hal apa saja yang harus dilakukan pemimpin dalam penyelesaian konflik organisasinya?
  • Pemimpin harus memahami bagaimana cara memanajemen konflik yang baik. kunci dari manajemen konflik itu adalah komunikasi. Mengkomunikasikan sebab dan solusi konflik kepada yang berkaitan. Dalam komunikasi ini peran pemimpin adalah menekan terjadinya konflik dan bahkan mencegah adanya konflik antar pribadi maupun kelompok.
  • Menciptakan suasana kerja yang harmonis. Seorang pemimpin harus pandai menciptakan suasana yang harmonis di lingkungannya. Misal dengan mengadakan program kerjasama antar unit, liburan bersama, dll yang menjadi agenda rutin organisasi.
  1. Jelaskan dengan singkat dan tepat hubungan antara human, conceptual, dan technical skill kepemimpinan! Perjelas dengan contoh riil!
Sebagai seorang kepala sekolah harus punya bekal pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan untuk merencanakan secara strategis seperti menentukan tujuan, menetapkan langkah-langkah yang akan diambil(conceptual) agar dapat memanfaatkan seoptimal mungkin sumber daya yang ada. Pengetahuan membuat rencana kerja saja tidak cukup, seorang kepala sekolah harus mempunyai keterampilan khusus untuk memanfaatkan peralatan yang ada agar digunakan secara maksimal (technical skill). Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi juga harus dipunyai kepala sekolah. karena komunikasi sangatlah penting bagi keberhasilan suatu program kerja kepala sekolah ( human).
  1. Kunci utama keberhasilan pemimpin dalam menjalankan tugas kepemimpinannya terletak pada komunikasi. Setujukah Saudara dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasan Saudara!
Ya. Komunikasi merupakan hal vital dalam kehidupan manusia. Alasan kenapa harus ada komunikasi karena proses penyampaian maksud dari seorang pemimpin memerlukan adanya komunikasi, begitu juga sebaliknya kita bisa memahami maksud pemimpin tersebut itu juga dengan komunikasi. Jika komunikasi hanya terjadi 1 arah, komunikasi tersebut sangatlah tidak efektif bagi kelangsungan suatu organisasi.
  1. Jelaskan dengan singkat dan tepat perbedaan antara peran dan tugas kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan yang berhasil!

Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu mempengaruhi individu lain dengan berperan menjadi sosok yang dihormati dan diteladani. Untuk bisa menjadi sosok yang dihormati dan diteladani ini pemimpin bertugas untuk memberikan arahan dan petunjuk, mengembangkan kemampuan anggotanya, mampu menyelesaikan konflik, bekerja sama. Jadi perbedaan yang dimaksud peran adalah ibarat visi bagi kepala sekolah, dan tugas adalah ibarat misi yang akan dilakukan kepala sekolah untuk mencapai visi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar